Rabu, 06 Januari 2016

Trik Memancing ikan Bawal

Trik Memancing ikan Bawal

Pilih Pancingan Terbaik
Ikan bawal adalah jenis ikan yang agresif dan tergolong rakus. Mereka senang memakan umpan yang ditawarkan,memiliki gigi yang sangat tajam. Pilihlah jenis pancingan terbaik untuk ikan bawal, ciri-cirinya seperti ini:

– pilih rangkaian pancing yang mengunakan benang jenis braded (benangnya seperti tali sol) dan benang nilon yang dipasangi klem (pipa kecil).

– pilih pancingan dengan settingan reel, sesuaikan kekuatan tali pancingnya karena jika ikan bawal melawan kuatir jadi ajang tarik menarik. Bila pemancing tidak kuat, siap-siap saja kehilangan ikan ini.

Setelah menemukan jenis pancingan ini, bisa pula membuat sendiri rangkaian pancing untuk ikan bawal.

Pertama siapkan peralatannya yaitu nilon atau seling/senar, pancing atau mata kail ukuran 4 atau 5, kili-kili (swivel), timah pemberat dengan ukuran sebesar biji jagung, joran dan kenur/senar, pelampung. Pakailah rangkaian berpelampung.

Alasannya karena cukup mudah dibaca untuk mendeteksi apakah ikan sudah terpancing atau belum. Gunakanlah peniti khusus pelampung dan karet pembatas khusus (stoper). Hal ini membuat rangkaian jadi praktis dan mudah dipakai di joran.

Biasanya rangkaian berpelampung dipakai pada air yang tenang, berangin sedang dengan kedalaman maksimal 2 meter. Kedalaman air harus tepat agar jarak pelampung dengan umpan tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek.

Jika terlalu panjang ikan bisa kabur ketika dikenai pada saat joran disentak. Namun jika terlalu pendek maka pelampung bisa tenggelam atau umpan malah mengambang.

Pemancing biasanya memakai kawat seling untuk mengatasi gigi ikan bawal yang runcing dan tajam. Adapula yang memakai benang nilon yang dipasangi kelem (pipa besi kecil).

Keuntungannya karena benang ini tidak kaku seperti seling sehingga ikan mudah menghisapnya. Jika alat pancing sudah siap maka saatnya membuat umpan yang pas.



Umpan untuk Ikan Bawal

Ikan bawal adalah jenis ikan yang mau memakan beragam umpan. Meski rakus pilihlah umpan yang pas agar ikan ini langsung mengincarnya. Umpan yang dipakai sebenarnya bisa beragam misalnya minow (casting), pelet, cacing, udang bahkan ikan kecil.

Tapi ada umpan yang jadi kegemaran ikan bawal yaitu cacing, serangga dan pelet. Berikut ini ada resep membuat pelet yang bisa dicoba.

Pertama siapkan bahan-bahannya yaitu 1 buah telur itik, 2 sendok makan tepung ikan, 2 sendok makan tepung terigu, 2 sendok makan susu bubuk, 2 sendok makan ebi (udang kecil) serta air secukupnya. Setelah bahan siap, kocok telur itik dalam panci hingga berbuih.

Lalu masukkan tepung ikan, tepung terigu, susu bubuk dan ebi udang perlahan-lahan dan berurutan. Campur semua bahan tersebut hingga merata dan adonan menjadi padat.

Jika adonan terlalu keras tambahkan air secukupnya. Kemudian kukus adonan di atas api sedang, sekitar 30 menit. Jika sudah matang adonan siap dibulat-bulatkan dan dijadikan umpan.
Biasanya ikan bawal akan mencium aroma udangnya dan bersegera mendekati umpan.

Selain pelet seperti resep diatas, umpan untuk ikan bawal bisa digunakan dari bahan alami. Contohnya seperti yuyu gembur (kepiting sungai yang ganti kulit), cacing anaconda merah, belalang kadung berwarna hijau, larva capung, cicak, belut, telur ikan sapu-sapu, ulat german atau kepompong pisang.

Ada pula yang mengunakan umpan dari kuning telur yang dicampur susu bubuk.
Kedua bahan ini dicampur dan ditaruh di plastik ukuran seperempat kilogram. Uniknya menurut pengalaman pemancing, adonan itu tidak usah dimasak hanya pastikan sudah tercampur rata dan langsung dipakai sebagai umpan.

 Ikan bawal pun tertarik memakannya. Penasaran dengan Trik Cara Memancing Ikan Bawal ini? Silakan dicoba saja.

source


HP. 081802786166
SMS/Whatsapp081802786166
Fast Respon
(MariYono)

0 komentar:

Posting Komentar